Loading...

Kamis, 03 Agustus 2017

Semarak Awwalussanah dan Halal Bihalal 2017

Semarang – Puncak kegiatan Awwalussanah dan Halal Bihalal keluarga besar Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Al-Fattah Sumurboto tahun 2017 terlaksana dengan semarak, Sabtu (23/7) di Kompleks LPI Al-Fattah Sumurboto, Kota Semarang. Rangkaian kegiatan yang mengambil tema “Santri semangat, santri taat, santri bermartabat” ini memiliki tujuan untuk menumbuhkan jiwa pemuda yang kreatif dan menjunjung tinggi keharmonisan Islam dalam keragaman NKRI.

Rangkaian kegiatan ini didahului dengan Lomba Video dan Poster Tingkat Nasional yang diselenggarakan pada 15 Mei-23 Juni 2017. Ketua Panitia Semarak Awwalussanah dan Halal Bihalal, Taufiqurrohman mengatakan “Kegiatan lomba video dan poster yang kami selenggarakan disambut meriah oleh kawan-kawan santri, siswa, dan mahasiswa seluruh nusantara. Bahkan ada juga yang dari Sulawesi.” Menurut data yang dihimpun oleh panitia pelaksana, jumlah peserta yang mengikuti lomba video dan poster secara berturut-turut sejumlah 14 dan 65 peserta yang mengirim, sedangkan yang hanya mendaftar namun tidak sempat mengirim hampir dua kali lipat. Setelah pengiriman poster dan video, proses yang dilalui oleh peserta lomba cukup panjang, mulai dari seleksi administrasi, seleksi konten oleh dewan juri yang berpengalaman, hingga penilaian oleh netizen. Hasilnya, juara I lomba poster direbut oleh M. Ashar Santos dari Surabaya, juara II dan III diraih oleh Asep Ari Nugroho (Sukoharjo) dan Danang Dwikuntarto (Indramayu). Sedangkan lomba video dimenangkan oleh Zulfiqih Ahmal dari Jakarta sebagai video terbaik dan Panduan Syakurta Gansa dari Mojokerto dinobatkan sebagai video terfavorit oleh netizen.

Selanjutnya, masing-masing pemenang lomba mendapatkan tropi, sertifikat, dan uang penghargaan total jutaan rupiah. Dimana rangkaian kegiatan ini dapat terlaksana atas dukungan dari Yayasan Al-Fattah, Pemerintah Kelurahan Sumurboto, Remaja Masjid Sumurboto, Karang Taruna Sumurboto, dan Warga Kelurahan Sumurboto. Sedangkan Pihak Luar yang menjadi sponsor acara ini antara lain SPBU Ngesrep, Toko Sumurboto (Alat Tulis dan Stationary), Warung Makan 50:50, Penyetan Lamongan, dan PPAT. Kegaitan ini juga dapat terlaksana meriah atas kerjasama dengan beberapa media parner dalam publikasi di media sosial yakni: Informasi Lomba, UCC, AISNU, Al-Izzah, KMNU, Bocah Tembalang, Alasantri, Santri Putri Hits, Pesan Bocah Undip.

Puncak kegiatan ini disajikan dalam sebuah pengajian untuk menyambut tahun ajaran sekaligus halal bi halal keluarga besar LPI Al-Fattah yang meliputi Ponpes Mahasiswa dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Al-Fattah. Di dalamnya ada rangkaian acara pentas seni santri TPA, serah terima jabatan pengurus lama ke pengurus baru, mauidhoh hasanah dan halal bi halal. KH. Kustur Faiz dari Kudus sebagai pengisi mauidhoh hasanah menyampaikan pentingnya pendidikan bagi semua umat manusia, khususnya bagi anak-anak, sebagai bekal kehidupan mereka di masa depan. Selain itu, Beliau juga menyampaikan materi tentang tata cara sholat yang benar. Hal ini menurut beliau sangat penting, karena banyak praktek sholat dalam kehidupan sehari-hari yang masih kurang tepat, sehingga perlu diperbaiki. Sedangkan dalam sebuah hadits juga dijelaskan bahwa amal yang pertama kali di hisab adalah sholat, jika sholatnya bagus maka baguslah semua amal ibadah seorang hamba, begitupun sebaliknya.

Subscribe to this Blog via Email :